X-Steel - Wait

Jumat, 14 Februari 2014

Langkah-langkah Over Houl (Pembongkaran Mesin) dan Tune Up (Me-Riset Mesin)

Langkah-langkah Over Houl (Pembongkaran Mesin)

  1.      Mengeluarkan oli dari baut pengeluaran (dari bawah)
  2.       Mengeluarkan air pendingin dari baut kupu-kupu
  3.      Membuka selang radiator bagian atas yang berhubungan dengan rumah thermostat
  4.      Membuka selang radiator bagian bawah yang berhubungan dengan pompa air
  5.      Membuka radiator setelah melepas 4 baut pengikat radiator
  6.      Melonggarkan vambel (mengendorkan) setelah melonggarkan baut alternator/melepas kipas
  7.      Membuka baut pully poros engkol
  8.      Membuka baut roda penerus
  9.      Membuka penutup kepala silinder
  10.   Membuka sepuluh baut kepala silinder dengan system obat nyamuk
  11.   Menyusun (merapikan) komponen isi blok silinder antara lain push rod, lifter
  12.   Membuka panci oli
  13.   Membuka pompa oli
  14.   Membuka penutup rantai timing dan rantai timing
  15.   Membuka pompa bensin
  16.   Membuka poros cam
  17.   Membuka piston
  18.   Membuka dudukan oli sil poros engkol bagian belakang
  19.   Membuka cap poros engkol

Langkah-langkah Tune Up

  1.       Pemeriksaan system pendingin :
  -          Mengecek kondisi air pendingin
  -          Mengecek volume air pendingin
  -          Mengecek penutup radiator
  -          Mengecek kebocoran system pendingin dengan menggunakan radiator cup tester
  -          Mengecek kelenturan vambel standarnya 7-11 mm apabila diberi tekanan 10 kg
  2.       Memeriksa system pelumasan
  -          Mengecek kondisi sistem pelumas
  -          Mengecek volume system pelumasan
  3.       System pengapian
  -          Mengecek arus baterai standar 10-12 v
  -          Mengecek tahanan kabel busi standar 25 k Ω
  -          Mengecek kerja sentrivugal advance
  -          Mengecek kerja vacum advance
  -          Membuka busi Mengecek celah busi 0.70 – 0.100 mm
  -          Menyetel katup standar  Dingin(0.15 masuk, 0.25 buang) panas(0.20 masuk, 0.30 buang)
  -          Mengecek tekanan kompresi
  -          Mengecek celah platina 0.40-0.50 mm
  -          Membuka dan memasang distributor dan menyetel saat pengapian 5o sebelum TMA
(jika menyetel saat pengapian 50. Caranya putar pulling sampai 50(dengan CATATAN harus TOP 1), terus buka distributor, setel coakan yang ada pada pompa oli dengan menggunakan obeng plat sampai lurus dengan tanda titik yang yang ada pada pompa oli, luruskan distributor, arahkan kepala distributor lurus ke mesin lalu putar kepala distributor 100 kekiri, tekan masuk distributor, putar distributor keluar sampai platina tertutup, lalu putar masuk kembali distributor sampai menimbulkan percikan lalu berhenti, cek pakai obeng tester lalu arahkan obeng tester ke bodi/mesin silinder 4, putar masuk distributor sampai baut pengikatnya dapat masuk kelubang(pastikan obeng tester masih menyala), kancing distributor hingga kuat, putar kembali pulling sampai 50, tutup distributor dan pasang kabel busi, lalu distater.)

  4.       Menyetel putaran stasioner

      # Jangan lupa komentar serta sarannya ditunggu ya !
         Add FaceBook : Dimas Yudo Prasetyo
         Follow Twitter    : @DiiwaYPii
      "Thank You"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang negatif dan bersifat spam akan saya hapus secepatnya setelah saya melihatnya yo ! :D